Ini, aliran rasa berkomunikasi produktif

Assalamu’alaikum, 

Karena ini blog curhat jadi tulisan ini lebih ke curhat,  bukan menjelaskan judul diatas.. Bukan ahli nya saya nih. 

Tantangan 10 hari tempo hari membuat banyak perubahan rasa dan mindset saya. 

1. Rasa plong

Ya… Sering kali saya merasa Gemes saat pesen atau nitip sesuatu ke pak suami dan seringnya salah… Ya salah kalau saya cuma bilang sekali dan sifatnya umum. Rasanya dah ngomong padahal mah dalam hati.  Saya dan suami ga bisa bertempat ternyata 🙂 .. Jadi saat menerapkan komunikasi produktif ini… Saya jadi plong apa yang saya mau atau inginkan di terima dan dilakukan dengan benar. 

2. Rasa nyaman

Saya merasa nyaman ternyata setelah mengutarakan kata kata yang berkeliaran di kepala ini dengan mengubahnya menjadi kata, kalimat yang baik dan benar.  Suami dan anak-anak pu  jadi paham dan nyaman 

3. Rasa tertata

Hal kecil yang coba kami terapkan kemarin adalah belajar konsisten  tuk berdiskusi,  saling mengutarakan apa yang ada di kepala 

4. Rasa bersyukur

Alhamdulillah kami sekeluarga bisa selalu bersama dan saking support satu sama lain. 

Banyak rasa yang saya dan keluarga dapatkan,  semoga fasilitator  IIP mendapatkan keberkahan telah mau membimbing kami dengan tantangan ini. 

Jazakumullahu khairan. 

February 18, 2017 at 10:55 am Leave a comment

Ini, jagoanku dan kaca pembesar (#1)

2 jagoanku hari ini lagi seneng banget sama kaca pembesar. 

2 hari lalu Minta dibeliin  karena pengen bikin api pakai kaca pembesar.. 

Belinya onlen ya bunda ¦¦ oke

Order pagi… Siang ditagih… Bunda mana kok lama… 

Hihihihi…. Dijelasinlah tentang ekspedisi. 

Alhamdulillah kali ini cepet nyampe nih. Kemarin pagi Order sekarang dah diterima. 

Sore tadi mereka langsung hunting sinar matahari, diterapkan rumah aja sih. Capek pegang ya,  Faiz memutuskan membuat pondasi dari lego. Dan ternyata Lama. 

Hingga ditinggal sholat ke masjid dulu… Hihihi. Selesai sholat,  ternyata makin gelap. 

Jadi percobaannya diundur. 

Pr buat saya adalah menjelaskan tentang kaca pembesar,  dan mengajak mereka tuk presentasi juga… 

Semoga nanti ada video nya ya. 

February 14, 2017 at 11:37 am Leave a comment

Ini, berbagi (#hari10) 

Assalamu’alaikum 

Jumat ini, alhamdulillah bisa berbagi dengan dhuafa tidak banyak. Semoga bisa konsisten. 

Anak-anak melihat ini pun jadi bertanya tentang berbagi dan sedekah. Terkadang dijelaskan mereka masih iya iya saja. Namun setelah lihat dan merasakan  jadi lebih paham. 

Misal fathan,  kadang suka marah kalau makanannya diminta sedikit(dia anggap kok banyak). Walo sudah dijelaskan bahkan sudah dijelaskan pahala syurga kadang kalo lagi Mood g oke,tetep ngambek. Akhirmya berlaku lah kebalikan. Saya yg pelit dia yg pengen, lalu dia pun merasakan  gempa enaknya.  

Kini fathan tau kenapa ga boleh pelit.  Dan sekarang mereka berebut ingin bantu persiapan bagi-bagi makanan di hari jumat. 

Wassalamualaikum 

#hari10

#tantangan10hari 

#komunikasiproduktif 

#kelasbunsayIIP 

February 1, 2017 at 9:09 pm Leave a comment

Ini,  menasihati dalam perjalanan(#hari9) 

Assalamu’alaikum 

Salah satu Tips memberi nasihat, memberi input  ilmu dari Rasulullah shalallahu alaihi wassalam adalah saat berkendaraan.

Banyak hadits rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang di riwayat kan oleh Sahabat Anas  bin Malik radiallah saat Rasulullah shalallahu alaihi wassalam  berkendara naik unta. 

Dengan niat menjalankan sunnah ya,  saya pun menasihati dan menambah Hafalan saat naik motor dan boncengan faiz atau fathan. 

Alhamdulillah informasinya masuk. Alhamdulillah. 

#hari9 

#tantangan10hari 

#komunikasiproduktif 

#kelasbunsayIIP 

January 31, 2017 at 9:08 pm Leave a comment

Ini, delegasi selesaikan masalah (#hari8) 

Assalamu’alaikum awal februari sudah tiba. Keluarga kami saat ini sibuk dengan orderan karpet ular tangga. Semua ikut bantu mulai dari ayah hingga nayla. Semua senang,  walau kadang eh sering ada tegang sedikit. 

Seperti hari ini,  kecantikan timbul setelah sadar buku doa harian yang menjadi salah satu isi paket karpet ini telah habis. Biasa Order dari yogya dan mereka tidak bisa mengirimkan kilat.  Solusinya adalah cari di Bogor atau buat sendiri. 

Buat sendiri bisa namun waktu tak cukup,  saya pun rela untuk menyerahkan masalah ini ke pihak ketiga yaitu designer di percetakan kami bisa cetak. 

Diskusi dengan suami. Oke baiklah saya coba dan ikhlas Berapa pun biaya design nya toh ini akan jadi investasi. 

Dan alhamdulillah,  berjalan lancar dan tak mahal.  Hasil menakjubkan,  saya langsung minta kontak designernya biar suatu saat butuh jasa beliau. Lumayan  30rb utk 30 menit pertama, selanjutnya rp 1000/menit. Dan selesai dalam 50 menit.  Dengan materi sudah ada. 

Alhamdulillah. 

#hari8

#tantangan10hari 

#komunikasiproduktif

#kelasbunsayIIP

January 30, 2017 at 9:08 pm Leave a comment

Ini, belajar berhitung puluhan (#hari7) 

Pagi hari, sekeluarga sibuk menyelesaikan pesanan.  Sambil menyiapkan paket, saya dan suami sering menyediakan materi belajar.  Ya karena belajar bisa dari mana saja. 

Tanpa diskusi,  saya dan suami sudah saling percaya dengan cara mengajar dan memberi materi.  Andai salah cara memperbaikinya dengan kadang berkata “eh salah, harusnya kan” sambil tertawa. 

Kali ini kami mengajari Tips mudah tambah kurang angka lebih dari 10. Sebelumnya mereka berhitung dengan jari jemari. Di karpet ini sudah ada angka 1-36. Jadi tentukan dulu kotak angka puluhan lalu badan bergerak melangkah sejumlah penambah atau pengurangan.. 

Alhamdulillah senang, bisa dan semangat. 

Walau akhirnya karpet ukuran 1,5mx1,5m ini dicap oleh Fathan “ini punya fathan”. 🙂 

#hari7

#tantangan10hari 

#komunikasiproduktif 

#kelasbunsayIIP

January 29, 2017 at 9:07 pm Leave a comment

Ini, brainstorming seputar bisnis rumahan kami(#hari6) 

Assalamu’alaikum 

Setelah sore hari saya mengikuti kelas bogor di warung makan hitz (sering ngadain acara dan gratis euy). Jadi makin memancarkan hati untuk serius menjalankan bisnis Karpet ular tangga. 

Salah satu langkah kami harus menganalisis semua.  Karena sempat ya malam,  dan anak-anak sudah tidur.  Kami berdua diskusi tentang bisnis ini. 

Saya jadi tahu salah satu tools analisa dengan TOWS (bukan SWOT). Coratcoret klak klik. Insyaallah lebih tenang dan mudah. Semoga bisnis lancar dan yang utama adalah anak-anak bisa tumbuh menjadi khalifah. 

#hari6

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif 

#kelasbunsayIIP 

January 28, 2017 at 9:07 pm Leave a comment

Older Posts


yuk marii!!

Sukses selagi muda Banner Liburan Gratis 180x150 Promo Oriflame 15 Februari – 31 Maret 2016 200x200

OriflamekuBeda

promo Oriflame terbaru