Archive for February, 2017

Ini,  belajar terjadwal(hari6) 

Assalamu’alaikum, 

Insyaallah anak saya Faiz dan fathan tahun ini memakai pendidikan Homeschooling. Ada banyak alasannya,  yang paling menonjol adalah mengoptimalkan pendidikan agama didirikan mereka. 

Awalnya saya membebaskan mereka,  mau belajar apa bermain apa. Hanya pastinya setiap hari ada belajar iqro dan Hafalan plus no film kartun. 

Namun makin kesini,  mereka terlalu banyak main belajarnya mulai sedikit Hafalannya berkurang. 

Jadi makan maret ini,  saya mulai menjadwalkan jadwal belajar layaknya sekolah. Belajar di meja dengan buku dan materi layaknya di sekolah. 

Bedanya… Kalo di sekolah belajar bisa 1 jam tuk belajar 1 materi.. Kalo faiz fathan cukup hitungan menit.  Karena saya cuma mengajari 2 orang saja… Kalo di sekolahan banyak jadi ngantri dan lama to. 

Alhamdulillah mereka suka. 

Dari sini Skill yang diupdate adalah 

Mempersiapkan sendiri apa yg dipelajari(buku, bacaan,  alat tulis). 

Belajar memberikan barang

Belajar disiplin 

Belajar berbagi

Belajar fokus. 

Alhamdulillah lancar. 

#hari6 #tantangan10hari  #kemandiriananak #bundasayang #IIPBogor 

Advertisements

February 28, 2017 at 3:30 pm Leave a comment

Ini, belajar makan sendiri(hari-5)

Assalamu’alaikum, 

Makan, itu sih kegiatan yang saya suka. Tapi ternyata tidak untuk anak saya.. Haduh.. Mau makan jika dia suka sama menunya. Dan apa yang mereka suka itu kadang ikuuuuut terus,dan saya merasa takut mereka kurang gizi. 

Walhasil,  ya saya penuhi. Dan terhitung 3 hari lancar setelah itu bosan. 

Emang harus kreatif ya. 

Selain menu biasanya makan jika disuapi baru mau dan habis. 

Kali ini Skill yang diupgrade adalah melatih makan sendiri. 

Nayla yang kecil pun sekarang mulai makan sendiri,  karena sambil explore juga sih. 

Apa yang tumpah malah itu yang dimakan… Marah? Ga lah ya… 

Solusinya makan diatas karpet sendiri. 

Kakaknya makan sendiri juga akhirnya. Dan berhasil sih.. Cuma ya itu g terlalu banyak. 

Semoga besok lebih baik lagi. 

#tantangan10hari #hari5 #bundasayang #kemandiriananak #IIPBogor 

February 27, 2017 at 3:21 pm Leave a comment

Ini, belajar dan bermain(hari-4)

Assalamu’alaikum,  

Hari ke-4 saya melihat ke progress Faiz. Skill yang ingin dilatih adalah memberikan apa yang sudah dipakai atau diutak-atik. 

Anak-anak pastilah suka dengan bermain, seringnya memang bermain yang 1 lalu ganti main yang lain. Rumah… Berantakan.

Rumah rapih emang impian semua  ibu ya. Dan memang ada Hadist bahwa Allah itu indah dan mencintai keindahan. Sedang yang berantakan adalah tempat idola ya syaitan. 

Jika ingin rapih lalu anak tak diperbolehkan main, itu pun bukan solusi.  Yang benar adalah biarkan iya bermain dan belajar memberikan dahulu lalu main lagi.  Belajar tanggung jawab,  belajar fokus,  dan juga Mandiri. Jangan bunda yang bereskan atau Asisten rt yg bereskan. 

Mudah? Tentu tidak.. Tapi itulah proses belajar.  Hari ke-4 ini saya hanya perlu berkata “faiz mainan nya.” dia pun menjawab “Oia Faiz lupa, diberikan dulu y bun baru main yg lain ya.” 

Semoga lancar dan manfaat

#hari4

#tantangan10hari 

#melatihkemandirianak

#bundasayang 

#IIPBogor 

February 25, 2017 at 10:25 pm Leave a comment

Ini,  tidak berani keramas (hari ke-3)

Assalamu’alaikum 

Mau Sharing tentang progress Fathan mandi sendiri. 

Sudah berani mandi sendiri,  tapi selesainya kok kering rambutnya.  Ternyata dia takut di siram. 

Baiklah,  saya menemani dan melihat dari luar kamar mandi. 

Yuk tiga kali siram semua badan termasuk kepala. Dan ternyata fathan masih belum berani siram kepala karena selalu kena mata.. Hihihi matanya melek kalo pas nyiram. Akhirnya saya ajari dan beri Tips jika siram kepala. 

Alhamdulillah sekarang sudah berani.  Efek nya saat renang pun sekarang sudah berani untuk mengeluhkan kepalanya. 

#tantangan10hari 

#hari3

#kemandiriananak 

#bundasayang 

#IIPBogor 

February 25, 2017 at 11:46 am Leave a comment

Ini, anak belajar mandi sendiri(hari ke-2)

#tantangan10hari 

#kemandiriananak 

#bundasayang 

# IIPBogor
Assalamu’alaikum,

Faiz dan fathan sudah sepakat untuk belajar mandi sendiri. 

Supaya makin semangat dan jelas. Kami memberikan alasan dan Adabnya. Dalam islam mandi pun ada petunjuk ya. 

Pagi, jadwal membaca buku. Saya membacakan buku Aku mandi sendiri (sesuai alquran dan sunnah). 

Alasan kenapa mandi,  yang merupakan adab terhadap diri sendiri dan jika diniatkan ibadah akan mendapat pahala. 

Dijelaskan pula adab mandi.  Mulai dari doa masuk kamar mandi,  dan tata cara mandi sesuai sunnah rasulullah. 

Dan di buku ini dijelaskan  dengan bahasa anak-anak. Alhamdulillah saya terbantu. 

Hari pertama alhamdulillah lancar,  mereka mandi bergantian. Ya,  jika bareng2 yang ada main air dan malah menjadi mubajir.

Semoga bisa bermanfaat.  Barakallahu fiikum 

February 24, 2017 at 11:28 am Leave a comment

Ini,  mulai fokus melatih kemandirian anak

Assalamu’alaikum, 

Postingan kali ini berkaitan dengan tugas kelas BUNDA SAYANG, Kuliah online IIP (Institute Ibu Profesional) sesi ke-2.

the

Materi kali ini tentang “Melatih kemandirian anak”

Mengapa melatih kemandirian anak itu penting?

Z Ketahuan Kemandirian anak erat kaitannya dengan rasa percaya diri. Sehingga apabila kita ingin meningktkan rasa percaya diri anak, mulailah dari meningkatkan kemandirian dirinya.

Kemandirian erat kaitannya dengan jiwa merdeka. Karena anak yang mandiri tidak akan pernah bergantung pada orang lain. Jiwa seperti inilah yang kebanyakan dimiliki oleh para enterpreneur, sehingga untuk melatih enterpreneur sejak dini bukan dengan melatih proses jual belinya terlebih dahulu, melainkan melatih kemandiriannya.

Alhamdulillah dapat materi ini.  Saat saya info kan ke suami,  beliau sangat suka dan suka dengan materi ini. 

Seorang teman di HSKM BOGOR (salah satu komunitas Homeschooling di bogor) mengatakan bahwa anak saya, Faiz dan fathan Mandiri. Sudah bisa ke  toilet sendiri.  Minta ijin jika akan bermain. Menolong teman yg lebih kecil kala menangis. 

Alhamdulillah.  Jujur saja saya tidak Melatih nya secara  khusus.. Ya mengalir begitu saja.  Bagus tak bagus.  Bagusnya karena ada hasilnya, tak bagusnya saya jadi tidak bisa menangkap proses menuju kesana yang bisa jadi itu bisa di bagikan  ke temen2 yang lain,  amal jariyah jadinya.wah rugi saya. 

Alhamdulillah,  Allah memberikan jalan dengan saya ikut di kelas ini. Jadi bisa ditata dan bisa menjadi portofolio anak saya. 

 Praktek nya kami diberi tugas untuk melakukan tantangan 10 hari yang menceritakan progress dari kemandirian yang dilatih. 

Skill kemandirian nya cukup minimal one week one skill. 

Oke,  untuk menjalankan tugas dan menyelesaika  dengan keadaan dirumah kami,disepakati sebagai berikut :

1. Faiz, berlatih,  cawik sendiri, dan memberikan kamar sendiri

2. Fathan belajar mandi sendiri. Dan makan sendiri. 

3.nayla berlatih untuk jalan. 

Semua setuju, langsung jalan tgl 23 februari.

Semoga bermanfaat,  Barakallahu fiikum 

February 23, 2017 at 2:21 am Leave a comment

Ini, aliran rasa berkomunikasi produktif

Assalamu’alaikum, 

Karena ini blog curhat jadi tulisan ini lebih ke curhat,  bukan menjelaskan judul diatas.. Bukan ahli nya saya nih. 

Tantangan 10 hari tempo hari membuat banyak perubahan rasa dan mindset saya. 

1. Rasa plong

Ya… Sering kali saya merasa Gemes saat pesen atau nitip sesuatu ke pak suami dan seringnya salah… Ya salah kalau saya cuma bilang sekali dan sifatnya umum. Rasanya dah ngomong padahal mah dalam hati.  Saya dan suami ga bisa bertempat ternyata 🙂 .. Jadi saat menerapkan komunikasi produktif ini… Saya jadi plong apa yang saya mau atau inginkan di terima dan dilakukan dengan benar. 

2. Rasa nyaman

Saya merasa nyaman ternyata setelah mengutarakan kata kata yang berkeliaran di kepala ini dengan mengubahnya menjadi kata, kalimat yang baik dan benar.  Suami dan anak-anak pu  jadi paham dan nyaman 

3. Rasa tertata

Hal kecil yang coba kami terapkan kemarin adalah belajar konsisten  tuk berdiskusi,  saling mengutarakan apa yang ada di kepala 

4. Rasa bersyukur

Alhamdulillah kami sekeluarga bisa selalu bersama dan saking support satu sama lain. 

Banyak rasa yang saya dan keluarga dapatkan,  semoga fasilitator  IIP mendapatkan keberkahan telah mau membimbing kami dengan tantangan ini. 

Jazakumullahu khairan. 

February 18, 2017 at 10:55 am Leave a comment

Older Posts


Cek ig saya @inikian

Keseruan anak-anak di Pemda Cibinong. 
Bareng komunitas @kab.bogormengajar 
Eh he karpet @yukmainbareng kepake disini... Barakallahu fiikum 
#mainananakunik #mainantradisional # Baca di perpus,  mewarnai, games dan GRATIS

Yuk ke pemda Bogor (Cibinong) sekarang!! Cc.  @kab.bogormengajar

#mainbareng
#kabupatenbogor #bogormengajar #membaca #mewarnai Pengen minum ini lagi,  milk coffee latte #momomilk Keseruan pagi ini di Taman Corat Coret Bogor. 
Taman nya unik, letaknya diperempatan jalan raya yang padat,  tapi gak bising loh.  Trus suara kita tuh bergaung, ada sesuatu di balik arsitektur taman ini kayaknya. 
#tamancoratcoretbogor #tamandibogor #welovebogor