Posts tagged ‘bayi’

Ini, proses pemberian makan pada bayi

Saya bukan ahli gizi atau dokter anak profesional, cuma “ahli gizi” n “dokter anak” khusus dirumah sendiri ūüôā .¬† Cuma sekedar sharing gimana menantangnya jadi seorang¬† ibu.

Pada saat bayi mulai dikenalkan makanan (6 bulan ) kita mulai pekerjaan tambahan menyiapkan makanan untuk bayi kita, dan itu g asal loh, ada aturannya jika kita mau bayi jadi sehat sekarang dan nanti.

(more…)

Advertisements

October 12, 2011 at 8:01 pm 4 comments

ini, ASI full pasti Bisa!!!

Kalo ditanya dapet info seputar kehamilan dan gimana cara mengurus bayi darimana, jawabannya dari sekitar. Alhamdulillah ada aza info entah dari temen, orang dijalan, di internet, iklan di tv, dari tetangga seputar hamil dan menyusui. Alhamdulillah tau tentang AIMI jadi tau juga tentang hebatnya menyusui dengan ASI. Dari dulu emang g ada niatan mo ngasih susu formula. karena mo ngasih yang terbaik buat anakku. dan mo jalanin perintah Allah menyusui langsung selama 2 tahun.

Alhamdulillah tau tentang pentingnya ASI ekslusif dari AIMI, dimana semua ibu pasti bisa memberikan ASI, ditempatku kontrol kehamilan (red : RS Duren Tiga) dijelasin juga pentingnya ASI dan gimana cara menyusui yg benar.

Alhamdulillah tau info tentang kolostrum atau air susu pertama yg keluar sejak bayi lahir (warnanya bening mirip madu malah). Kolostrum penting banget dan cuma ada saat pertama setelah bayi lahir, dan tak ada yg bisa membuatnya..bahkan susu formula yg bilang ada kolostrum. Hebatnya kolostrum, dia sebagai anti bodi dan penyempurna saliuran cerna nantinya. dan juga sebagai pencegah bayi kuning. karena kolostrum merangsang saluran cerna bayi untuk buang air besar pertama kali (istilahnya meconium) yang akan membersihkan bilirubin.

Faiz Aditya Ramadhan

Waktu Faiz¬† lahir (24 Agustus 2010), imd (inisiasi menyusui dini) tidak berjalan mulus karena saat melahirkan sempet kontraksi berhenti padahal kepala faiz dah keliatan, jadi bayi Faiz kekurangan oksigen. walhasil saya pun harus nunggu 12 jam untuk bertemu bayi faiz…hik..hiks ..sedih banget. Faiz lahir siang jam 11.45 dan bertemu ibunya (red : saya) jam 6 pagi…semalaman g bisa tidur pengen ketemu faiz. saat ketemu langsung pengen nyusuin.

ALhamdulillah Kolostrum keluar, faiz pun minum dengan lahap (terlihat dari kenyotannya) tapi kayake seh ASI nya gkeluar banyak. Tapi itu g masalah karena saya diberitahu bidan selama 2 hari si bayi ga dapaet ASI ga masalah karena si bayi masih punya stok makanan dari sebelum lahir, dan juga perlu diperhatikan hari 1 bayi lahir, lambungnya itu cuma sebesar biji kelereng jadi emang cukup setetes dua tetes ASI. hari kedua membesar dikit dan hari ketiga sebesar bola bekel. jadi buat para ortu, suami or ibu..bayi baru lahir nangis mulu bukan cuma berarti lapar tapi butuh kehangatan. dipeluk dan disayang sambil ditempel ke payudara ibu, karena dengan nempelnya bayi ke badan ibu , hangat dan rasa tenang itu terpenuhi. dan oia tenang aza ..kalo ibu panik sibayi akan ikut panik atau akan tambah rewel.

ASI saya bisa dibilang pas, g banyak juga g dikit. tapi saya tetap pede dan selalu memberikan ASI..harus dan pasti bisa. Lah saya kan ibu nya..kalo g ama ibunya mo sama sapa lagi? begitu juga saat dirumah sendirian, harus mandiin bayi Faiz padahal tali pusernya masih belum putus (tali puser faiz putus setelah 13 hari..lama ya)..mikirnya gitu juga..saya ibunya harus bisa..faiz kan anak saya..Alhamdulillah sampe sekarang selalu mandiin dan mijitin Faiz.

Ada yang bilang kalo ibu sering memijat sendiri bayinya, akan berpengaruh ke ASI, muncul ras tenang kali ya. karena keluar nya ASI itu cuma karena 2 faktor utama, sering disusu (dirangsang) dan pikiran si Ibu. nah makanan itu pendukung seperti sayur katuk, kacang ijo, kacang..sebenere lebih karena si ibu menjadi lebih pede karena dah makan itu..itu terjadi di saya. oia karena selalu ASI (walo g banyak) faiz jadi lucu ginuk-ginuk sehat, lincah , dan kuat (g gampang sakit), dan pintar (mudah diarahkan).

Yayaya..ASI selain memberi makan lahirnya ASI juga memberi makan bathinnya..saya selalu terharu tiap menyusui dan melihat Faiz memandang saya…hihi..Faiz emang anugerah dari ALlah yang harus dijaga dan diberikan yang terbaik..keajaiban Illahi.

kalo keluar rumah, g usah repot nyiapi air panas botol. tinggal bawa diri aza (pake baju dengan kancing depan, biar gmapang nyusuin), dan juga apron ato penutup dada (saya sih cukup jilbab besar aza)

Nah kalo mommy kerja kantoran, jangan lupa tetap memerah ya biar ASI lancar dan juga tubuh mommy g sakit.

so momy, suami siaga, ortu, nenek..mari dukung ASI untuk bayi kita. ASI , pasti BISA !!!

March 17, 2011 at 4:24 am 2 comments

Ini, 4 bulan 4 tempat

Baru sadar setelah mo ulang bulan Faiz yang ke-4 tgl 24 Desember 2010. Ternyata faiz di usia 4 bulan sudah jalan-jalan ke 4 tempat (berarti tiap bulan jalan-jalan ya *xixixi*). Dan tiap hari ada aza perkembangan tinggkah laku n fisiknya. Tapi aku mo cerita adventurnya Faiz ah. Walo bisa jadi dia belum mengerti.

1.       Masjid Kubah Mas

Di Usia 1 bulan (kurang n lebih lupa) Faiz sudah jalan-jalan ke Masjid Kubah Mas di Limo, Depok. Faiz kesana bareng sama Eyang putri Klaten (Ibuku), Yangti Solo dan Yangkung Solo (ortunya Adi), baren Ante Wati (adikiparku) dan tentu Ayah bundanya.

Perjalanan kesana lumayan jauh (muter-muter) dan hari itu memang hari yang panjang karena sehabis dari Kubah mas lanjut ke Cakung nganter Yangti n Yangkung solo pulang ke Solo.

Untuk ke kubah mas kalo g salah inget menempuh jarak 2 jam. Hal ini karena rute yang dilewati bukan jalan protocol, dan sempet salah jalan. Sampe di Masjid Kubah Mas yang mewah luas dan megah itu. Cuaca suangat puanas, kami tiba disana sekitar jam 2 siang.

Jamaah Putra n putri dipisah. Jadi Faiz ikut rombonganku, yangti, n Ante wati. Di sepanjang koridor yang adem berembus angina yang cukup kencang..jadi deh Faiz di balut selimut tebal. Dan Faiz sepanjang di Masjid tidur pulas..mungkin karena angin itu ya..sempet rewel bentar karena aku lupa g bawa payung. Kan dari parkir mobil menuju masjid lumayan jauh n g ada pepohonan..hihuuhu…

Yang pasti kesan ke kubah mas adalah panas dan mewah..oia toiletnya Cuma dikit..padahal saat itu ada banyak romobongan…jadi nguantri lama deh..*andai bawa pampers dewasa*

2.       Taman Mini Indonesia Indah

Nah sebulan kemudian, pas Om oki (adikku) ada dirumah , Om oki ini sering tugas ke Papua. Faiz diajak jalan-jalan ke taman mini, tadinya mo ke taman safari tapi kan Faiz belum bisa menikmati. Jadi akhirnya ke Taman mini yang banyak dilihat juga disinggahi.

Ke taman mini saat itu Faiz bareng aku n adi, Om oki, Ante Wati, n Yangti Yogya (Ibunya Ante wati). Yangti Klaten g ikut karena harus ke Klaten nengok Mba buyut yang disana n kena ujan debu merapi.

Disana kami mengunjungi Anjungan Propinsi Sumatra barat, rame dan disana ada masjidnya , kan bisa istirahat n sholat jum’at. Trus ke anjungan Akuarium air tawar. Nah Anjungan ini yang paling keren, cukup bayar 15rb aza (plus gratis masuk ke museum serangga)..hihi aku g berani masuk kesana takut sama ulet. ..xixixi

3.       Mekar sari

Di usia 3 bulan faiz diajak jalan bareng ke Mekar sari bareng sama temen-temen divisi aktuaria kantorku. Mayan sekalian bisa kenal ma keluarga masing2. Disana ada beberapa paket kunjungan, tanpa ikut paket juga bisa Cuma ya dapet nonton pohon doing. Kalo ikut paket, saat itu kita ikut paket greenpark jadi pulang bawa barang buanyak plus 1 pohon. Kebun yang disinggahi ada kebun melon, disana lagi panen melon golden..wuiii rasane eunak manis n tebel. Walo 1 kg dipatok harga 25rb. Oia sebelumnya dapet jus tiap orang 1. Kemudian ke kebun salak (tapi kita g panen disana) n masing-masing dapet salak setengah kilo, mayan (nambah lagi deh bawaan).

Kelilingnya baek kereta etapi beberapa kali musti ganti kereta, cuape deh. Padahal musti bawa faiz n stroller faiz plus dus makanan..ckckck

Terakhir kita istirahat di family park, sebelah danau coklat (hihi aernya warna coklat). Hari itu ruaaame buanget, pas libur anak sekolah sih ya. Ada band..hihi faiz turun dari kereta, turun dari gendongan pindah ke stroller langsung tidur pulas..jadi ayah bundanya bisa tenang makan dan istirahat.

4.       Wisata tas SKI

Kalo yang ini she sebenere belanja tas nemenin yangti, etapi emang ada wahana bermain seperti outbont, tapi karena faiz belum bisa ya Cuma jalan-jalan liat tas. Seneng disana, full music, jadi lah faiz teriak-teriak seneng trus..tidur..hahahah

 

nd: foto nyusul ye

January 3, 2011 at 6:57 am 1 comment

Ini, gadget bayi

Alhamdulillah dah punya bayi, makhluk kecil (?) yang indah salah satu amanah terbesar dari Allah buat aku n suami. Kalo dihitung-gitung banyang rempong aka ribetnya punya bayi akan tetapi nikmat, syukur dan bahagia tiap melihat kelakuannya membuat semua kerempongan itu hilang. Bahkan si bayi Faiz (nama anakku) jika kentut *maaf* atau pup *maaf* dilalui dengan ucapan Alhamdulillah oleh semua pihak (aku, suami, n eyangnya).

Keribetan yang dasyat akan terjadi saat mo bepergian, tapi liat makna di paragraph atas..it’s fun. Biar keribetan tidak menjadi musibah saat ditempat tujuan, ada beberapa barang aka gadget yang harus dipersiapkan sebelum berangkat :

1.       Tas bayi, ukurannya manut sama lama waktu perginya kalo bakalan lama bawa yang gedean deh soale berkorelasi positif dengan banyaknya jumlah item barang yang dibawa.

2.       Perlak plastik, pilih yang ringkas. Bisa yang ukuran kecil atau besar tapi bisa dilipet2 n dimasukin tas lebih bagus

3.       Diaper bayi (boleh sekali pakai atau cloth diaper), aku seh biasane yg sekali pake, g ramah lingkungan seh :p, apa daya belum nemu cloth diaper yang g meleber kemana-mana. Oia diapernya bawa yang agak banyak, mending lebih dari pada kurang

4.       Tas kecil isi baby oil, minyak telon, baby cream, waslap, tissue basah (kapas),bedak, sabun mandi cair ( 1 paket perlengkapan kewangian n kebersihan bayi dah)

5.       Baju n celana pendek tuk ganti

6.       Baju n celana panjang kali aza kedinginan di AC, baju jumper yg panjang juga oke

7.       Jaket

8.       Kaus kaki (sarung tangan kalo masih make)

9.       Kain gendongan

10.   Selimut

Masih ada lagi seh tapi ini tentative

1.       Kereta dorong

2.       Bouncing (semacam ayunan)dibawa kalo ada mobil

Kalo botol susu, blm penting deh..soale kan Faiz kan ASI ekslusive, lumayan mengurangi barang bawaan, kalo faiz saying haus tinggal nempel ke Bundanya ( jadi lebih care n deket).insyaallah bisa sampe 2 tahun ASI nya.

 

Oia yang mau nambahin listnya monggo loh, sekalian kirim barangnya ke alamat ku jg boleh..*dilempar  koin berjamaah*

 

nb:foto2 menyusul ya

November 25, 2010 at 6:28 am 4 comments


Cek ig saya @inikian

Setelah paket ini tiba,  nayla pun menemukan  mainan baru. 
Nayla menimbang-nimbang mana yang habis (stok lama) mana ya g baru. 
Ini berat,  masih penuh
Yang ini ringan,  sudah habis. 
Yg habis disimpan ya. 
Nayla menganggur dan bilang "mau" 
Asyik buka tutup produk ini. 
#KuliahBunsayiip
#Tantangan10hari 
#ilovemath Alhamdulillah pesanan sudah datang. 
Obat nyamuk andalan nih.  Aroma herbal sereh, pas musim hujan nyamuk juga banyak. Kmrn pakai ini alhamdulillah tak ada yg digigit nyamuk. 
Buat bayi juga aman nih. 
Nyetok 2 buat nanti safar. 
Jazakillahu khoir ya mbaaa @rinaumaraisha

#obatnyamuk
#alami Ga mau dilepas, 
Bahkan saat tidur, 
Bahkan saat ngambek. 
Kalau model lainnya juga oke kayaknya ya. 
#amigurumi 
#burtuqolbonekajerapah
#bonekarajut Alhamdulillah dateng paket/sample gratis dari shijimaharo. 
Langsung dibuka, dibaca, dipraktekan. 
Ini Nayla dan fathan belajar bandingkan benda.  Yg Pink sandwich nya lebih tinggi dari yang hijau. 
Belajar matematika logis lagi nih.  Tuh kan banyak dipraktekan setiap hari. 
#Tantangan10Hari #KuliahBunsayIIP #ilovemath