Ini,  membantu adik (komunikasi produktif #hari2) 

January 25, 2017 at 6:47 pm Leave a comment

Tantangan di hari ke 2 saya ambil dari kegiatan hari rabu,  playdate ke taman heulang. 

Saya ibu dengan 3 balita,  faiz 6 thn, fathan 4th, dan Nayla 1 tahun. 

Kadang suka meminta/menyuruh anak-anak to the poin “tolong beresin mainannya”.,”mandi yang bersih”. “tolong bukunya diberesin”. Saat saya sedang fokus dengan nayla, entah sedang menyusui, atau membantunya belajar berjalan. 

Dan beberapa kali gagal.dikerjakannya lama dan malah berujung bentakan. 

Lalu saya mereview gimana caranya. Karena ini masalah komunikasi bukan masalah sifat anak atau yg lain. 

Mulailah saya sabar,  karena nanti Nayla yg ada didepan saya pun bisa menduplikasi ini. Mulailah saya belajar menyuruh/meminta sesuatu dengan runtut,  tertata, step by step.  Voila,  Alhamdulillah berhasil.  Berat memang karena harus sabar,  dan eling….tipsnya tarik nafas dulu, ikhlas dan niat tuk ibadah…. Biar dapet bonus pahala gitu… Hihihi

Dan ini sering saya lakukan. 

Walhasil hari ini saya mendapatkan hasil yang lebih menakjubkan. 

Duplication. Ya…. Faiz ternyata menduplikasi. 

——

Playdate kali ini memang sepi peserta, Hihi cuma keluarga kami dan keluarga bu irene. Tapi anak-anak tetep bahagia. Eh… Kejadian ini sebelum keluarga bu iren datang. 

Sambil menunggu,  saya memberi tugas faiz dan fathan.  

“mengumpulkan 3 macam daun”

Faiz dengan mudah menyelesaikan tugas. 

Dan fathan menyelesaikan dengan beberapa kali revisi.. Seru yang ini

Fathan mengumpulkan 3 daun,  3 potong daun tepatnya 1 daun di potong jadi 3. “ini kan 3 bunda” 

Saya jelaskan lagi “3 macam daun. Jadi daunnya Beda-beda. Kalo ini kan daunnya sama tapi dipotong 3 ya.”, fathan “Ooo gitu” 

Tugas mudah dan biasa jadi seru karena pencarian sampai jauh, nyebrang selokan kering. Jembatannya jauh,  jadi emang harus loncat. 

Fathan beberapa kali menyerang harus jalan jauh, merasa capek lanjut merengek ke kakaknya “faiz tunggu”. Faiz dengan gaya cuek ya berkata “yaudah sini loncat aja”, “ga bisa fathan kan kecil, ga bisa loncat nya faiz”. 

Saya duduk di karpet ular tangga, melihat sambil membereskan mangkuk bekas sarapan kami. 

Lalu ini duplicate yang saya maksud. Faiz berkata “begini loh caranya, fathan turun dulu. Terus naik lagi di sebelah sana.  Sini faiz praktek in.. Nanti fathan coba ya.”, fathan “iya, tapi bantuin yaaa”. Faiz Bales “iya.. Iya.. Nanti faiz bantu”. 

(duh ini manggil mas nya kok gak ada). 

Saya takjub aja… 

Faiz yang cuek. Ternyata bisa sabar mengajari adiknya. 

Walau abis selesai ngajari langsung lari lagi, Ngisengin adiknya lagi.  

Hihihihi. 

Kunci pelajaran hari ini adalah sabar dan berpikir sistematis, menghasilkan komunikasi yang tertata dan mudah dipahami. 
#hari2

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Advertisements

Entry filed under: Uncategorized.

Ini, forum diskusi keluarga kami #hari1 Ini, kala bayi Nayla GTM #hari3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


OriflamekuBeda

promo Oriflame terbaru

%d bloggers like this: