Ini, menjadi manager keluarga

November 26, 2016 at 8:52 am Leave a comment

Assalamu’alaikum ,

Postingan kali ini merupakan jawaban saya dari tugas NHW ke-6 dari Matrikulasi IIP Bogor. NHW 6 kali ini adalah tentang bagaimana kami/saya menjadi seorang manager keluarga. lebay..ngga lah ya. karena Ibu emang sejatinya seorang manager di keluarga. manager general affair…ngurus segalanya. ribet pasti….apalagi kalau tidak tau ilmunya.

emang ilmunya gimana sih, nah ini lewat matrikulasi IIP ini saya jadi tahu gimana menuju ibu profesional (ala saya). kali ini tentang gimana saya memanage kegiatan harian di rumah.

langkah pertama (soal 1) adalah menentukan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting.

3 kegiatan yang paling penting di keluarga kami saat ini:

  1. makan makan bergizi dan teratur
  2. kids time ( belajar membaca/menulis, tilawah dan menghapal hadits)
  3. mengembangakn minat dan hobby

Alhamdulillah 3 kegiatan tersebut sudah kami lakukan, poin utama yang jadi fokus saya adalah makan makanan bergizi, karena memang Faiz dan Fathan walau sehat tapi badannya bisa dibilang kurus walau makan ga susah. jadi ini masih poin penting untuk saat ini.

3 kegiatan yang paling tidak penting:

  1. menonton tv
  2. bermain/bercanda berlebihan
  3. jajan

menonton tv kayaknya emang jadi kegiatan paling tidak penting, karena membuat lalai. walopun tontonan faiz dan fathan saya batasi cuma boleh nonton yang ada pelajarannya. tetp aja ya kita betah kalo dah nonton…iya saya juga.

bermain sebenernya hal yang baik karena dari sini anakanak bisa belajar dan bersosialisasi. Namun jam bermainnya ini yang terlalu banyak pagi-siang-sore hingga kadang /sering melalaikan belajar dan tilawahnya. jadi ya dibatasi bermainnya, harus dijadwal.

jajan…nah ini bikin lalai isi dompet dan berat badan. terlihat kecil tapi kalo sering dan rutin ikin 50% dana bulanan habis disini, kontrol diri disini.

soal 2 : waktu anda dihabiskan untuk kegiatan yangmana

hari-hari saya banyak berfokus di mengembangkan minat dan hobby, dan ini yang harus diatur. agar ketiga aktivitas pentig bisa imbang.

soal 3 : Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari0hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras

Sudah menjadikan ke 3 aktivitas penting dikerjakan sehari-hari, semoga prosi dan jam kegiatannya lebih biasa teratur dan bisa konsisten.

soal 4 : Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi kurun waktu berikan “kandang waktu, dan patuhi cut off time

tilawah dan “isi hati” mendengar kajian : di shubuh

makan pagi : pagi

bermain: pagi

makan siang : siang

belajar yang disukai : siang

istirahat :siang

me time : siang

main : sore

makan: sore/magrib

tilawah/mengaji : malam

istirahat : malam

me time : tengah malam

soal 5 : Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi waktu harian anda

Insyaallah akan on track di agenda

 

Soal 6 : membuat Jadwal harian

jadwal-harian

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

ini, belajar jualan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


yuk marii!!

Sukses selagi muda Banner Liburan Gratis 180x150 Promo Oriflame 15 Februari – 31 Maret 2016 200x200

OriflamekuBeda

promo Oriflame terbaru

%d bloggers like this: