ini, ngomongin tentang reksadana

May 30, 2010 at 10:31 pm 2 comments

Berawal dari iseng surfing ke ngerumpi trus mampir ke tempat simbok venus, nemu ini deh. trus lanjut ke tentukan.com. Pas banget..pas emang aku dah kepengen berinvestasi level keren (investasi g lewat tabungan doang).

Awalnya seh dah ada gambaran tentang apa itu investasi tepatnya seh Reksadana. Secara reksadana itu kita bisa investasi dengan hanya duit 200rb tiap bulan..see murah kan. Nyicil motor yg hampir 1 juta perbulan aza sanggup mosok 200rb perbulan ngga. En hasilnya beda kadang kalo nyicil motor or barang laen..sering nyesel..gila jatuh(hasil tunai akhirnya) mahal banget, motor 14juta dalam 2.5thn gw bayar bisa 20 juta dan itu cuma berupa motor yang makin kesini ya makin berkurang nilai jualnya. Kalo gw nabung pasti beda..apalagi kalo gw coba reksadana. Tapi itu semua bukan penyesalan..toh kalo g ada motor gw bakal keluar lebih banyak duit tuk ke kantor…ya ngga..ya ngga…jadi ngga telat neh buat bereksadana.

Dan alhamdulillah, walau perut membesar, kopdar malam2 bersama aidil akbar tetep dilakonin dengan cuma bayar 15 rb plus baju basah kuyub…druuunn ujan gede banget..tapi apa daya niat sudah kuat untuk Kopdar Bareng Aidil Akbar (Kobar Akbar) di Senopati sono (yg gw n suami g tau itu dimana, sebelum berangkat baru liat Map).

Pas nyampe agak bingung, tempatnya kok kayak TK ya..hihi..tapi gpp..dikirain masih sepi…e ternyata dah pada ngumpul ada 20 ribu hadirin (halah lebay..ribunya diilangin ya bu)..isi daftar hadir, setor duit, dapet box makan deh. Tempatnya aku suka…lesehan boooo…asik kan..jadi lebih akrab.

Dalam hati semoga g garing neh acara n gw g nyesel dateng kesini, secara badan aku basah kuyub yub..dan aku lagi g bisa nyaman duduk lama (maklum bumil yg dah masuk ke trisemester akhir).

Acara dimulai dengan pengisi acara tunggal (ya eyalah ..namane juga Kobar Akbar : kopdar Bareng Aidil akbar) ya Om Aidil akbar yang ngisi..dan taraaaaaaaa..materi yang dibahas adalah Reksadana. pas buanget.

Alhamdulillah dapet ilmu buaaaaaaanyak buanget. Mulai dari apaitu reksadana, sejarahnya, kapan dan reksadana yang tepat tuk diambil. Tips untuk jadi “kaya”.

*liat catetan sang suami*

syarat utama kalo mo investasi yo nduwe dit (baca:punya duit) kalo g punya yo jangan mekso..cukupi dulu kebutuhan dasar anda (seperti foto2..kopdar..nobar..halah). Nah untuk bermain disaham(itu yang ada di bursa2 saham..yang para orang kaya maen itu loh), deposito, beli emas…itu semua butuh duit gedeeee…Nah reksa dana itu salah satu solusi buat kita2 yang bisa menyisakan duit sedikit tiap bulannya…prinsip “alon alon asal kelakon” kepake banget di reksadana. dikit demi sedikit asal dilakuin terus ya bakal jadi bukit “intan” kan…

Syarat laennya itu, kita harus punya waktu buat melihat pergerakan yang kita investkan itu..dan itu bukan kerjaan inti kita…hahhaa…nah kalo di reksadana kita harus memakai jasa Manager Investasi (dia yang mantau dan mengurus uang kita yang diinvestkan)

Syarat laen adalah Ilmu…yak..ini penting, g sembarang orang yang bisa maen di dunia investasi…bisa2 nanti kita rugi…turun dikit panik…Uangbuanyak kalo asal nyebar duit ya bakal abis.. Nah di sini juga fungsi dari si Manager Investasi.

Om Aidil Akbar mengibaratkan Reksadana itu bagai kita bepergian dengan bus. Kita naik bus dan bayar tiket, nah tiket ini ini jadi Reksadanane. Trus supir yang ngendarai Bus ya si Manager Investasi itu. dan kenek nya itu adalah bank kustodian (wadah/lembaga yang menyimpan aset investasi kita). Kalo kita naik bus pan g sembarangan. harus ada tujuan dan rutenya, masa mo ke bogor dari jakarta harus ke bandung dulu…ribet, mahal, n nyape2in…nah rute n tujuan ini dalam reksadana adalah Prospektus (gambaran/profil perusahaan yang berisi riwayat dan tujuan dari produk yang ada). nah kalo mo reksadana Prospektus ini wajib dibaca..biar g nyasar

Enaknya reksadana itu pertama kita bisa investasi dengan uang sedikit, hasil yang dicapai jauh lebih tinggi daripada kita nabung. yan kedua nambah n nyairin dananya gampang terserah kita (etapi g secepat tabungan seh) butuh 3 harian untuk nyairin dananya.

dan yang wajib diperhatikan adalah Investasi itu g ada yang aman alias semua investasi g ada yang jamin dan pasti beresiko. Untung tinggi resiko juga tinggi, untung rendah resiko juga rendah, ga ada untung berarti rugi (resiko juga kan). Jadi kaya (baca:duit banyak) emang g gampang…kalo ada yangbilang jadi kaya itu gampang n cepet…pasti ada embel2nya ..pasti ribet..pasti tipeng (hahhaha…serasa pernah jadi korban).

yang jadi patokan or tips dari kopdar kemaren adalah jangka waktu n tipe reksadana yang diambil.

Jadi reksadana itu ada 4 macem (sekalian waktunya deh dipisahinnya):

1. Reksadana saham : jadi investasi reksadananya cuma dialirin ke saham, untungnya bisa gede tapi ya itu sebaiknyadiambil jika mo investasi diatas 5 tahun. Pergerakan saham itu naik turun(kalo maen dalam waktu pendek cenderung rugi) dan untuk 5 tahun ke atas relatif naik

2. Reksadana campuran :kalo yang ini investasi di bagi ke saham dan obligasi(atau pendapatan tetap). disarankan jika kita mo investasi 3- 5 tahun aza maen disini.

3. Reksadana Pendapatan Tetap : investasinya g di saham, tapi di deposito, obligasi. disarankan kalo mo investasi 1 thn s/d❀ tahun maen disini.

4. Reksadana Pasar uang: kalo kurang dari 1 tahun maen disini aza..etapi modalnya mayan gede..minimal 1 juta

urutan juga menunjukan resiko paling tinggi ke rendah (reksadana saham beresiko paling tinggi).

Kalo mo lebih jelas lagi sih bisa mantau twitternya Om Aidil di @AidilAkbar atao di websitenya di www.aidilakbar.com

Entry filed under: info, kopdar, Uncategorized. Tags: , , , .

ini, segarnya bakso moncrot ini, mengatasi ambeien untuk bumil

2 Comments Add your own

  • 1. Armeyn  |  September 23, 2010 at 9:14 am

    salam kenal Mbak. saya juga baru cari2 tau tentang reksadana, karena kebetulan saya kerja di BEI, jadi investasi yang dibolehkan hanya reksadana saja (hiks)..πŸ™‚

    artikel tentang asuransinya juga sangat menarik, malah saya jadi pengen ikutan.. tapi mungkin nanti, saya mau ngatur keuangan bulanan dulu, masih kusut!πŸ˜€

    Salam kenal,
    Armeyn.

    Reply
    • 2. inikian  |  November 25, 2010 at 6:32 am

      kalo mo ikutan asuransi yg traditional..boleh2 hubungi aku..asuransi traditional mah murah lah setahun paling berapa *ngitung recehan*

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


yuk marii!!

Sukses selagi muda Banner Liburan Gratis 180x150 Promo Oriflame 15 Februari – 31 Maret 2016 200x200

OriflamekuBeda

promo Oriflame terbaru

%d bloggers like this: