ini, melihat masa jadul di Museum Bank Mandiri

December 1, 2008 at 9:58 am 11 comments

musem-bank-mandiriSaya termasuk orang yang suka dengan hal2 yang jadul, unik, dan menarik. Bersama d’luv, kami berniat untuk Jjs ke kota tua di Jakarta. Museum Bank Mandiri jadi kunjungan pertama, karena tidak lain dan tidak bukan sekalian untuk survey Kopdar Loenpia Jakarta ato mungkin Kopdar berikutnya untuk Kojaker.

Cara kesana

karena saya berangkat dari Bogor dan d’luv dari tebet. Kami pun sepakat menggunakan jasa KRL ekonomi (KRL yang berhenti di setiap stasiun dan salah satunya tebet) hanya membayar 2500 dari bogor-stasiun Kota.

dari Stasiun Kota (atao biasa disebut Stasiun Beos) kita jalan kaki melalu jalan bawah (terowongan) menuju Pasar Pagi. dan taraaa pas keluar tepat didepan Museum Bank Mandiri (Pasar Paginya malah jauhh dari situ).

Selain kereta, kamu bisa menggunakan Bus TransJakarta Blok M- Kota dan kamu akan turun di pas Museum Bank Mandiri.

Sangat Mudah!!

Biaya masuk

Bagi pemegang kartu ATM Bank Mandiri *harus dibawa* tidak dikenakan biaya masuk alias Gratististis, kamu tinggal tulis no kartu atm di buku tamunya.

Bagi Mahasiswa, pelajar juga gratis dengan menunjukkan kartu mahasiswa/pelajar tentunya. Bersyukur lah anda yang belum lulus.

Bagi orang umum seperti saya, dikenakan biaya 2000 saja…gile murah kan..apalagi kalo saya kasih liat apa yg ditawarkan disana…itu murah buangeeet.

Perjalanan dimulai

Begitu masuk museum ini kamu akan melihat bangunan tua yang bersih megah dan kamu akan merasa berada di jaman jadul aka jaman kolonial. Seperti pada pembukaan Bank, karena ada banyak buket bunga ditaruh di depan ruangan.

ruang-depan

Kanan kiri ruangan besar dengan perspektif yang indah, langit yang tinggi, nuansa hangat langsung terasa karena didominasi warna coklat tua. Hangat tapi sejuk, ya karena langit-langit-khas jaman kolonial-begitu tinggi, sirkulasi udaranya jadi lancar.

hangat1

Bener kata zam, pertama masuk kita akan langsung bisa membayangkan kegiatan transaksi di bank pada masa jadul itu, noni2 jepang dengan baju longdres motif kembang dengan bahan mengkilat dan sepatu berhak tebal jalan sambil membawa sebuah dus kecil, karyawan bank dengan sigap menerima, itu lamunan saya.

transaksi

ada pajangan buku besar- yang benar-benar besar – berisi tentang buku besar..ya to…catatan transaksi bank lah *saya ga ngerti tentang akuntansi* dan yang menarik tulisane indah banget. Oya ada 2 buku besar yang dipajang, di sisi kiri dan kanan, tulisan buku besar di sisi kanan sangat indah, kalo di sisi kiri ya gitu deh..kayak tulisan dokter yang bisa dibaca cuma angka doang.

buku-besar

Ditambah di museum ini benar-benar seperti aslinya, karena lengkap dengan patung figur karyawan yang sedang menerima transaksi, karyawan yang sedang mengurusi administrasi, karyawan yang sedang idle dan mengisi waktu dengan membaca tabloid, ada patung manager banknya juga.

me-n-bozz

Perlengkapannya masih lengkap dan bersih, tapi di tutup dengan kotak kaca.

salah-satu-alat1

Kalian bisa berpura2 bekerja disini, kursi mejanya bisa dipakai, bersih tanpa debu. dan satu hal lagi, ini pasti terjadi pada kalian kalau sedang perjalanan jauh kan, toilet…ya..toilet di museum ini pun bersih.

Awalnya bingung, takut, tapi kebelet. Jangan2 toiletnya pun tiruan, karena semua yang ada disitu memang pajangan. Masuk dengan mengendap2..dan ternyata…hahahah toiletnya bisa dipake kok. Kata d’luv “kian baca doa dulu ya kalo mau masuk”…dalam hati yaiyalah..ga cuma di sini tapi setiap masuk kamar mandi kan memang harus doa dulu. minimal baca basmalah.

Toilet wanitanya bersih seperti di …hmm di hotel-hotel gitu..bersih, tanpa bau kecoa (biasane kalo rumah tua kan toiletnya suka berbau kecoa to), air bersih, kran bagus dan mengkilat, dinding bersih putih berkeramik, depan kabin ada kaca besar. kabinnya sendiri bagus, gagang pintunya model jadul, toilet duduk ada semprotannya, tapi ga ada tisu..huhu…untung bawa handuk kecil.

Museum Bank mandiri ini ada hmmm..sebentar sekitar 4 lantai, paling atas ada perpustakaan yang saat kami kesana, buku-bukunya masih diinventaris, juga ruangannya sedang di rehab, akan ada ruangan khus pembaca anak kecil. Koleksi buku-bukunya pun bagus-bagus. di tiap bukunya ada stempel “indonesia membaca”.

Berjalan menyusuri lorong di tiap lantai bagai berjalan-jalan di rektorat UGM *whaattt…Bangunan tua yang saya singgahi ya baru itu..mendadak kangen ma kampus*, langit-langit yang tinggi, jendela ukuran besar, tiang-tiang besar…duhh…dannnn jangan lupa foto-foto di selasarnya cukup indah, bisa untuk foto prewed booo.

dari selasar/lorong lantai 2,3,4…udara cukup panas, kami masuk kembali keruangan yang terdapat foto-foto petinggi Bank Bandiri….beneerrr..langsung nyesss..adeem.

hijau-jg

Pemandangan standar seh, foto-foto Petinggi Bank Mandiri, ruang rapat, dan yang unik adalah kaca patri untuk dinding depan Mueseum Bank Mandiri.

Cukup sepertine, kalo belum puas silahkan datang langsung kesana, atau ajak saya kopdar disana. Mereka juga menyediakan jasa guide dan ruang pertemuan, dan acara nonton film jadul.

Jadi..yukkk mariii!!!

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , .

ini, ikut pesta janda ini, kalender 2009

11 Comments Add your own

  • 1. achoey  |  December 2, 2008 at 1:33 pm

    Demikian aku datang
    Demikian aku posting

    Sahabat, aku senang bisa kembali menyapamu🙂

    inikian bilang terimakasih Kang Achoey dah mo datang..siap meluncur ketempatmu

    Reply
  • 2. novnov  |  December 3, 2008 at 3:13 am

    sayangnya museum2 di Indonesia terkesan suram ya..jadi rada2 gimana gitu rasanya…..

    inikian bilang lah museum ini di Indonesia loh..heheh..sampa saat ini saya sudah menemukan Museum yang uasikk dan cozy Museum Bank Mandiri dan Museum Jawa Ulen Sentalu. Btw museum laen kalo rada2 mistik..pan lebih asyik..bisa jadi wisata misteri sekalian to..hihihi

    Reply
  • 3. -Lie-  |  December 3, 2008 at 2:46 pm

    Perasaan pas gw main ke museum mandiri nggak ada patung ya?Berarti baru dipasang dong patung itu ya…

    Lebih asik lagi jalan2 di kota tua pas malam hari, coba deh. Seru banget!!

    inikian bilang malam hari…wuah tunggu diijinin ma suami *abis nikah berarti ya*

    Reply
  • 4. uki21  |  December 4, 2008 at 7:01 am

    Menyapa mba kian dan mas adi..
    duh berduan terus…
    kapan jadi bertiga…? (da ada buntut gitu..)

    inikian bilang doakan gar diperlancar ya *nikah dulu euyyy*

    Reply
  • 5. boyin  |  December 6, 2008 at 3:13 am

    wah saya kok gak kepikiran kesana yah..

    inikian bilang coba maen kesana ..pasti asyik..

    Reply
  • 6. helga  |  December 10, 2008 at 10:40 am

    bisa gak Museum Bank Mandirinya buka hari senin tanggal 15 Desember. Soalnya DEpartemen Manajemen IPB pengen banged dateng kesana.. Iks-iks

    Reply
  • 7. ajengkol  |  December 15, 2008 at 1:29 am

    Dian hugs kemarin pada ke museum tapi aku dateng telat he he

    Reply
  • 8. Mimin  |  December 15, 2008 at 8:12 am

    Waaa…baru tau aku.

    Reply
  • 9. Aisah  |  December 24, 2008 at 8:54 pm

    Jd nyesel ga ikut kemarin ki, pas kopdar loenpia.

    Reply
  • 10. bambang  |  January 2, 2009 at 1:50 pm

    wah seru kayaknya kalo dengerin cerita kamu, tapi koq ada yang kelewat ya…..apa ya…

    oh ya pas ketemu aku koq gk di ceritaain.

    ngomong2 soal museum, aku punya pengalaman yang cukup spookey ( mengerikan ), pernah ke museum Sri Baduga Bandung.

    waktu itu aku msh sekolah, tau gk sangking takutnya, aku langsung cari jln keluar dan ……Kabur
    waktu itu yang dtg sedikit banget, kyknya aku gk nemuin orang barang sepotong …..He he he

    dah….

    selamat menempuh hidup baru

    bambang

    Reply
  • 11. adri  |  March 21, 2010 at 3:58 pm

    saya andre, saya berharap kpd pemerintah DKI JAKARTA supaya memperhatikan gedung2 bersejarah yang sudah dimakan jaman. apa yang kita ketahui tentang sejarah kita kpd anak cucu kita. kalo saya menelusuri jalan2 disekitar kota tua JAKARTA banyak sekali gedung2 tua yang tidak/kurang terurus dgn baik. sungguh sangat disayang kan jika gedungh bersejarah diabaikan begitu saja.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


yuk marii!!

Sukses selagi muda Banner Liburan Gratis 180x150 Promo Oriflame 15 Februari – 31 Maret 2016 200x200

OriflamekuBeda

promo Oriflame terbaru

%d bloggers like this: