ini, tips saat panas terik

October 21, 2008 at 9:26 am 2 comments

di Surabaya sono, konon minggu kemaren mencapai suhu 37°C, ckckckck normalnya padahal di 25°C.

Tanda-tanda akan panas terik akhir2 ini sudah terlihat dari beberapa minggu yang lalu. yang paling nyata adalah lampu motor saya jarang menyala jika berangkat kerja.

Ya, saya biasa berangkat jam 5.30 *itu dah paling telat* dan biasane patokannya, adalah keadaan diluar antara gelap dan hampir terang, pintu2 rumah tetangga masih tertutup rapat, juga lampu2 rumah tetangga masih menyala .

Sekarang….saat mandi terus melirik keluar lewat celah ventilasi, cahaya mentari sudah nampak.

Bahkan tak jarang:

Ibu depan rumah : ” Berangkat siang, yan?”

Sambil siap-siap mo nyetater motor, ” Ahh…ini malah kepagian Bu, jam setengah enam kurang”

Ibu depan rumah, sambil nenteng kresek berisi beberapa bungkus nasi uduk, ” hahh…kok…” sambil nunjuk ke langit. jidat mengkerut kemudian tersenyum …

Sampe kantor dah kegerahan *ini seh masih biasa*, kalo ada yang bilang siang Jakarta panasnya membakar…huhuhuhu..saya malah sedang kedinginan walo sudah memakai jaket ala kutub…huhuhhu…AC kantor makin mencekik tenggorokan, yaaa..tiap pulang kantor terserang radang tenggorokan, dan keluar kantor seperti kepiting rebus..tangan merah.

Jadi bagi saya, seorang yang awam. Tanda2 yang katanye Matahari ada tepat di ats garis khatulistiwa, memang sudah nyata terlihat. .

Lalu, apa yang kamu lakukan jika panas terik melanda dirimu?

kalo saya seh:

  1. Bangun lebih pagi, biar ga ketinggalan shubuh juga biar ga harus menjelaskan bahwa saya nda kesiangan pada Ibu depan rumah.
  2. Tetep bawa syal panjang, disinyalir sekarang makin banyak yang merokok, juga debu2 beterbangan. Dan juga takut tertular flu ato juga menularkan flu. Juga sebagai pengganti payung. ga heran ternyata di padang pasir sana jarang ada yg pake payung, cuma pake kerudung panjang menjuntai.
  3. Bawa KTP dan disimpan di tempat yang mudah digapai. Karena efek no.2 saya sering dipanggil Aisha-nya Ayat-ayat cinta (cuma karena syalnya saya pake hingga nutup hidung like cadar)..maaf ga ada skrinsut…dah kerepotan pake syal, ga sempet pegang kamera.
  4. Perbanyak tanaman tahan panas atao tanaman yang rimbun di rumah, kalo ga punya ya ketempat yang punya aza. Jangan pake AC!!!, mahal belinya. Pas minggu kemaren yang katane terik dirumah saya alhamdulillah adem adem aza…ga ada pohon rimbun tapi banyak tanaman pot di teras rumah dan jemuran *kayake malah jemuran yang membuat teduh deh..*
  5. Selalu bawa air putih yang banyak, bisa 1 botol ukuran 500 ml ato malah 1L, ato 1 galon. Gapapa, biar kamu ga dehidrasi, yg bis buat kamu kena radang tenggorokan pula.
  6. bawa kipas lipat, yang besar ya…budayakan berbagi dgn sesama, sekalian olahraga tangan.
  7. apa lagi ya…oia….ahh lupa lagi…

Semoga itu saja reportase dari saya….sekali lagi maaf ga ada skrinsut, masih sibuk megang syal neh…*arggg dingin bener kantor ini*

Entry filed under: curhat, info. Tags: , .

ini, Loenpia membuat benci menjadi cinta ini, BLOGOR untuk hari Blogger Nasional & Sumpah Pemuda

2 Comments Add your own

  • 1. auaja  |  October 22, 2008 at 1:04 pm

    berendem di bak mandi ketoke enak de….

    *kelingan jaman cilikan yen poso

    Reply
  • 2. hawe69  |  October 23, 2008 at 4:59 am

    pernah dengar dari teman, katanya tidak baik apabila tubuh sering mengalami perubahan suhu mendadak, seperti dari panasss terik..langsung masuk ke ruangan ac yang cooolll… daya tahan tubuh jadi rentan..mungkin itu yang menyebabkan sering radang tenggorokan…

    bener juga…sepertinya…karena itu saya sering radang, sering sakit, migrain, flu…sejak ngantor di t4 berac super dingin ini…sarannya seh banyak minum aer anget aza…kurangi es..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


yuk marii!!

Sukses selagi muda Banner Liburan Gratis 180x150 Promo Oriflame 15 Februari – 31 Maret 2016 200x200

OriflamekuBeda

promo Oriflame terbaru

%d bloggers like this: